Friday, 30 December 2016

Pilihan Pengobatan jerawat dari bahan alami hingga prosedur laser

Anda sedang mengalami masalah jerawat? Sebaiknya jangan terlalu panik, pada umumnya jerawat bukanlah penyakit berbahaya yang perlu anda khawatirkan, tetapi masalah kulit ini memang cukup mengganggu karena bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Ada banyak obat jerawat yang bisa anda coba mulai dari bahan alami, prosedur medis hingga obat jerawat konvensional. Tentunya dari beberapa pilihan metode menghilangkan jerawat tersebut akan memberikan hasil yang berbeda beda. Berikut beberapa metode pengobatan jerawat yang bisa anda jadikan pilihan untuk menghilangkan jerawat:

Mengobati jerawat Dengan Retinoid Topikal

Obat jerawat jenis ini dapat membantu mengurangi produksi sebum pada kelenjar minyak yang menjadi pemicu utama jerawat. Selain itu obat jerawat jenis ini juga mampu mencegah penyumbatan yang terjadi pada folikel rambut yang disebabkan oleh sel-sel kulit yang mati. Biasanya obat jerawat ini digunakan sebelum tidur setelah mencuci wajah anda hingga bersih. Sebaiknya bagi wanita hamil tidak menggunakan Retinoid Topikal ini karena bisa membahayan kondisi kehamilan anda. Untuk itu pastikan anda menggunakan obat jerawat dengan prosedur yang benar atau sesuai petunjuk dari dokter untuk mencegah timbulnya efek samping.

Mengobati Jerawat dengan Benzoil Peroksida

Hampir sama dengan Retinoid Topikal masih bekerja dengan cara mencegah penyumbatan folikel rambut yang disebabkan oleh sel-sel kulit mati. Benzoil peroskida juga bermanfaat membunuh bakteri yang dapat menginfeksi folikel yang tersumbat. Gunakan obat ini sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan untuk mencegah iritasi, karena berlebihan menggunakan obat jerawat ini bisa menyebabkan kulit menjadi gatal dan panas. Belum lagi saat pemakaian benzoil peroksida anda harus benar-benar mengurangi aktivitas di luar ruangan karena kulit anda menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari langsung.

Mengobati Jerawat dengan Asam Azelaic

Asam azelaic bekerja dengan cara menghilangkan sel kulit mati sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat. Obat ini digunakan sebagai alternatif bagi anda yang khawatir dengan efek samping kedua jenis obat jerawat di atas.

Meskipun demikian yang namanya obat jerawat kimia pastilah memiliki efek samping pula. Tetapi secara umum efek samping yang ditimbulkan obat jerawat ini lebih ringan. Beberapa efek samping yang ditimbulkan setelah menerapkan Asam Azelaic diantaranya kulit menjadi lebih kering, gatal dan sedikit perih. Ada dua jenis Asam azelaic yaitu dalam bentuk gel atau krim, dimana keduanya biasa digunakan satu sampai dua kali sehari tergantung ketahanan kulit anda.

Mengobati jerawat dengan bahan alami


Pengobatan jerawat dengan bahan alami umumnya dipakai lantaran beberapa orang memandang obat jerawat dengan bahan kimia dapat menimbulkan efek samping yang mengganggu dan membuat kulit tidak nyaman. Pengobatan jerawat dengan cara ini pastinya lebih aman tetapi butuh proses yang lama karena bekerja dengan alami.

Salah satu obat jerawat alami yang paling sering digunakan pada jerawat diantaranya seperti lemon, madu, kayu manis dan cuka sari apel. Selain itu beberapa bahan yang bisa juga digunakan untuk mengatasi masalah jerawat adalah lidah buaya. Lidah buaya selain sering digunakan untuk menghilangkan komedo secara alami juga dipercaya cukup efektif dalam mengobati jerawat tentunya dengan tanpa menimbulkan efek samping.

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya ke permukaan kulit yang mengalami jerawatan, tunggu beberapa saat sekitar 15-20 menit setelah itu bersihkan dengan air.

Cara mengatasi jerawat dengan laser

Jika mengobati jerawat dengan bahan kimia dan alami tidak juga mendapatkan hasil maksimal, atau anda ingin menghilangkan jerawat dengan cepat tanpa harus menunggu lama perawatan laser bisa anda jadikan pilihan. Tetapi perlu diingat menghilangkan jerawat dengan cara ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan juga bisa menimbulkan efek samping yang lumayan mengganggu. Tetapi tentu hal ini bisa diminimalisir jika anda bisa memilih klinik kecantikan yang sudah berpengalaman dibidangnya. Cara kerja laser untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menembakkan cahaya laser yang memiliki kekuatan tinggi sehingga akan menghancurkan lapisan kulit terluar (epidermis). Penghancuran tersebut dilakukan dengan cara memanaskan lapisan kulit yang berada di bawah permukaan lapisan epidermis. Perawatan laser selain cukup efektif untuk mengatasi jerawat juga berguna menyingkirkan noda hitam di wajah, bopeng bekas jerawat dan menghilangkan garis halus pada kulit.